Senin, 08 Februari 2010

DAFTAR ISTILAH KERAMIK

Oleh : Ali Supojo Putro

Aluminat

Persenyawaan antara unsur aluminium dengan oksigen. Aluminat menupakan salah satu senyawa yang harus ada dalam tanah liat/lempung selain silikat dan air/hidrat.

Ball clay

Jenis tanah liat sekunder yang sifatnya sangat plastis, dan mempunyai titik lebur tinggi. Ball clay ditambahkan untuk menambah keplastisan bodi/badan keramik. Ball clay merupakan sumber alumina dan silica dalam pembuatan glasir.

Ball mill

Alat penggiling material yang menggunakan bola-bola penggiling yang dibuat dari porcelain atau batu.

Biskuit, bisque, bakar biskuit

Proses pembakaran keramik pada suhu rendah (8000C - 9000C). Keramik yang dihasilkan belum cukup keras/kuat, porositas (daya serap terhadap air) masih tinggi.

Blunger

Alat pencampur yang dilengkapi dengan motor pengaduk untuk menyiapkan slip tanah liat dalam jumlah besar.

Burnishing

Penggosokan benda keramik dengan tujuan memperkecil pori-pori permukaan benda keramik dan memadatkan partikel keramik

Cast, casting

Suatu cara membentuk benda keramik dengan menuangkan cairan tanah liat (slip) kedalam cetakan/mould. Setelah tercapai ketebalan tertentu sisa slip yang masih cair dihilangkan/dipisahkan.

Centering

Proses memusatkan tanah liat plastis diatas putaran dengan cara menekan tanah liat menggunakan kedua tangan dengan tangan yang satu menekan dari atas dan tangan yang lain menahan pada bagian samping sehingga tanah liat benar-benar memusat tepat ditengah alat putar.

China Clay

Jenis tanah liat primer berwarna putih, tidak plastis dan mempunyai titik leleh 17400C – 17850C. China clay adalah istilah lain untuk kaolin.

Coiling

Salah satu teknik pembentukan tangan benda keramik dengan menggunakan tanah liat yang dibuat pilinan.

Clay, tanah liat

Jenis tanah yang terbentuk dari pelapukan batuan granit oleh tenaga eksogen dan endogen. Unsur utama yang harus dipenuhi adalah aluminat (Al2O3), silikat (SiO2), dan hidrat (H2O).

Clay body

Tanah liat atau campuran tanah liat dan material tanah liat yang diformulasikan khusus untuk membentuk benda keramik

Cone

Suatu benda kecil berbentuk pyramid/kerucut yang digunakan untuk menandai apakah keramik yang dibakar sudah matang. Pada saat suhu bakaran tercapai, cone akan melengkung. Cone ini terbuat dari material keramik terolah seperti kaolin, kuarsa, feldspar.

Coning

merupakan tahap pembentukan tanah liat plastis menjadi bentuk seperti kerucut (cone) pada teknik putar.

Earthenware

Jenis tanah liat sekunder bakaran rendah yang bisa dibakar pada suhu 11000C. Warna tanah biasanya merah sampai coklat.

Engobe

Dulu pengertiannya adalah campuran tanah liat encer (slip) yang digunakan untuk menutup seluruh permukaan benda keramik dengan tujuan menutup warna asli benda keramik. Sekarang pengertiannya slip yang digunakan untuk dekorasi.

Feldspar

Jenis material keramik yang dihasilkan dari pelapukan batuan granit. Ada dua macam feldspar: sodium feldspar, potashium feldspar.

Finishing

merupakan tahap akhir penyelesaian pembuatan bentuk benda keramik

Firing

Membakar benda keramik sampai tercapai kematangan.

Flint

Lih. Silica

Flux

Senyawa oksid terutama potasium oksida (K2O), sodium oksida (Na2O), kalsium oksida (CaO), Litium oksida (Li2O), magnesium oksida (MgO) yang dalam campuran dengan senyawa lain bisa menurunkan suhu leleh campuran itu.

Forming

merupakan tahap pembentukan tanah liat plastis menjadi bentuk benda keramik menjadi bentuk yang diinginkan sesuai gambar kerja.

Frit

Suatu bahan yang dibuat dari campuran mineral keramik mentah dipanaskan sampai leleh, kemuadian didinginkan dan ditumbuk menjadi tepung. Ini adalah proses yang mahal dalam upaya mengubah/mengurangi racun dalam glasir seperti timbal/Pb dan barium

Glasir, glaze

Suatu macam gelas khusus yang diformulasikan secara kimia, agar melekat pada pemukaan badan tanah liat, atau melebur kedalam badan keramik waktu dibakar.

Grog

Tanah liat yang telah dibakar biskuit kemudian dihaluskan kembali. Digunakan untuk campuran badan keramik dengan tujuan mengurangi susut dan menambah kekuatan.

Kaolin

Lihat china clay.

Kiln , Tungku

Tungku yang terbuat dari bata tahan api untuk membakar benda keramik.

Kwarsa

Silika dalam keadaan murni.

Opening dan raising

merupakan tahap melubangi dan menaikkan tanah liat hingga berbentuk silinder pada pembentukan tanah liat dengan teknik putar.

Oxidation (oxidizing firing)

Proses pembakaran dengan cukup oksigen.

Oxide

Kombinasi (persenyawaan) suatu senyawa dengan oksigen. Didalam keramik senyawa oksida digunakan dalam glasir dan sebagai sumber pewarna.

Plasticity, Plastisitas

Kemampuan tanah liat dibentuk, dan mempertahankan bentuk. Plastisitas dipengaruhi oleh jenis tanah, ukuran butir partikel tanah, keberadaan zat-zat organis.

Porcelain, Porselen

Jenis badan keramik berwarna putih, porositas sangat kecil dan dapat dibakar pada suhu tinggi (14000C) yang diformulasikan dari kaolin, kwarsa dan feldspar.

Porosity, Porositas

Kemampuan tanah liat/benda keramik menyerap air. Sifat porousitas sangat penting karena memungkinkan penguapan air pembentuk maupun air plastis tersebut keluar pada waktu proses pengeringan dan pembakaran.

Potters wheel

Alat putar manual/masinal untuk membentuk benda keramik.

Raku

Jenis keramik Jepang, bakaran rendah.

Reduksi, bakar reduksi

Pembakaran dengan oksigen terbatas (tidak cukup oksigen).

Refraktori

Tahan api

Refractory clay

Tanah liat tahan api, bisa dibakar diatas 14000C

Silika

Partikel yang tidak plastis dan merupakan unsur yang harus ada . pada bodi tanah liat maupun pada glasir. Lambang unsurnya Si. Titik leburnya 17150C. Silikat adalah persenyawaan silica dan oksigen. Rumus senyawanya SiO2.

Slip

Suspensi/campuran tanah liat dan/atau mineral keramik dalam medium air. Secara sederhana bisa dikatakan bubur tanah liat.

Stoneware

Jenis tanah liat yang bersifat plastis, refraktori, susutnya rendah, butirannya halus, dapat dibakar pada kisaran suhu 12500C -13000C

Susut

Berkurangnya ukuran karena pengeringan atau pembakaran. Susut ini disebabkan karena hilangnya air yang mengisi rongga pada tanah liat dan menyebabkan partikel tanah liat saling mendekat.

Terracotta

Badan keramik dari tanah liat earthenware, berwarna merah dan mengandung grog.

Terra-sigillata

Cairan tanah liat yang sangat encer, dibuat dari tanah liat dan air berlebih, dibiarkan sampai terbentuk lapisan atas yang encer dan lapisan bawah yang pekat. Yang digunakan sebagai bahan dekorasi adalah lapisan yang encer.

Throwing

Pembentukan benda keramik diatas meja putar menggunakan tanah liat dengan kualitas tertentu.

Uli, pengulian, kneading

merupakan tahap mempersiapkan tanah liat sehingga diperoleh masa tanah liat yang plastis dan homogen

Vitroeus, menggelas

Keadaan menyerupai gelas. Pada keramik/glasir yang dibakar mencapai suhu matang akan tercapai kondisi dimana benda keramik akan keras, padat, dan vitreous/menggelas.

(Disarikan dari beberapa sumber)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar