Jumat, 08 April 2011

ALAT PUTAR MANUAL PADA LKS XIX KRIA KERAMIK

Pembentukan dengan alat putar merupakan proses pembuatan benda keramik menggunakan tangan yang dikenal dengan istilah throwing, yaitu proses pembuatan benda keramik dengan cara membentuk bola tanah liat plastis dengan jalan menekan dengan tangan pada saat tanah liat berputar di atas kepala putaran. Pembentukan dengan teknik putar membutuhkan keterampilan tangan, termasuk melatih kepekaan sentuhan tangan dalam mengatur gaya sentripetal tanah liat yang berputar.

Keterampilan memutar lebih merupakan suatu kebiasaan yang memerlukan keseimbangan antara gerakan tangan dengan alat putar. Gerakan dan posisi tangan harus dilakukan berulangkali sehingga menjadi gerakan otomatis (dengan sendirinya/menurut naluri). Oleh karena itu, untuk dapat membentuk benda keramik dengan teknik putar memerlukan banyak latihan yang sebetulnya tidak rumit tetapi membutuhkan kesabaran. Dari semua cara pembentukan benda keramik, Throwing memberikan kemungkinan terbesar bagi penciptaan sebuah karya yang spontan dan cara ini sangat menyenangkan apabila benar-benar dikuasai.


Alat putar yang digunakan pada LKS XIX Bidang Lomba Kria Keramik


Alat putar manual merupakan alat yang digunakan untuk membentuk benda keramik dengan teknik putar yang digerakkan dengan tenaga tangan maupun kaki. Pada LKS XIX tahun 2011 ini, alat yang digunakan adalah alat putar dengan tenaga kaki (kick wheel)
.

Alat putar kaki (
kick wheel)

Alat putar ini merupakan alat yang digerakkan atau diputar dengan kaki.
Penggerak alat putar kaki dapat dibedakan menjadi dua yaitu roda pemutar (fly wheel) dan pedal (treadle wheel). Roda pemutar dan kepala putaran yang menggunakan pedal juga berfungsi sebagai beban pemberat sehingga putaran yang dihasilkan menjadi lebih lama. Ukuran diameter kepala putaran 24 cm-30cm.


a.
STS-KW - KICK WHEEL SKUTT THOMAS STUART WHEEL

b. MODEL J KICK WHEEL

THIS STURDY KICK WHEEL COMBINES 1-1/4" PIPE AND A 135 LB. CONCRETE FLYWHEEL OFFERING YEARS OF SERVICE TO POTTERS PREFERRING TO THROW THE OLD FASHIONED WAY. THE 1" STEEL SHAFT OF THE MODEL J IS SUPPORTED BY FIRST QUALITY BALL BEARINGS WITH CAST IRON HOUSINGS FOR SMOOTH MOVEMENT. ADJUSTABLE QUALITY SEAT AND WORK TABLE. 12" BRENT PLASTI-BAT INCLUDED. FIVE YEAR WARRANTY




1 komentar:

  1. saya sangat menyukai template anda. maukah anda berbaik hati memberikan saya referensi template di blog http://alisupojoputro.blogspot.com ini?

    BalasHapus