Jumat, 29 April 2011

Eduwisata Keramik

Secara umum, eduwisata dapat dimaknai sebagai sebuah kegiatan rekreatif yang menghadirkan dunia pendidikan (sekolah). Jadi sekolah tidak hanya berorientasi mengajar dan mendidik siswa sesuai kurikulum. Layaknya tempat wisata, sekolah juga memiliki peran memberikan pelayanan dan menghadirkan produk unggulan yang layak dinikmati oleh segenap lapisan masyarakat.

TUJUAN :  dilakukan untuk mendapatkan pengalaman baru atau untuk lebih memperdalam pengetahuan/keterampilan di bidang keramik sambil berwisata/bermain.

MANFAAT : salah satu manfaat eduwisata adalah bermain sambil belajar yang dapat menjadikan badan dan pikiran segar kembali, sehingga dapat melakukan kegiatan selanjutnya dengan baik

Pusat-pusat kerajinan khas suatu daerah bisa menjadi tempat rekreasi sambil menambah pengetahuan dan keterampilan yang menyenangkan. Ditempat-tempat seperti itu, peserta bisa belajar membuat dan mengapresiasi karya-karya kerajinan yang ditampilkan. Berkreasi seni adalah wahana mengalirkan proses aktualisasi kemampuan anak dalam mencipta. Berkreasi menggali pengertian yang terbangun dalam pikran anak dengan harapan anak mampu dan senang mengungkapkan apa yang dia pikirkan melalui karya-karya seni. Tetapi pada tahap ini, proses lebih ditekankan ketimbang hasilnya. Keberanian anak untuk mengaktualisasikan imajinasinya akan memberikan pemandangan yang menarik untuk diamati.

Salah satu bentuk kegiatan eduwisata yang ditawarkan di Studio Keramik SMKN 14 Bandung adalah membentuk tanah liat menjadi keramik. Tanah liat/keramik dapat dijadikan bahan eksplorasi yang sangat menyenangkan. Dengan sifat plastis yang dimiliki tanah liat, peserta berkesempatan memegang, menyentuh, merasakan bahan alam tersebut dengan inderanya.

Tanah liat merupakan salah satu bahan alam yang dapat dijadikan untuk memenuhi sensorimotor anak/peserta. Kebutuhan sensorimotor terpenuhi bila anak berhubungan langsung dengan aneka bahan dan alat permainan, baik di dalam maupun di luar ruangan. Anak-anak dapat melihat langsung hukum sebab akibat yang terjadi pada benda, dari yang bersifat cair, kental, sampai yang padat.



Berikut ini adalah sebagian dari manfaat yang diharapkan dari aktivitas mengeksplorasi bahan tanah liat :
  • Membantu anak menjadi lebih independen. Anak-anak ambil bagian dalam aktivitas yang mereka ciptakan. Mereka yang memutuskan cara memainkan benda sehingga dapat membangun rasa percaya diri, karena anak yang mengendalikan.
  • Membantu mengembangkan gerakan, koordinasi dan kendali. Tanah liat memberi anak-anak kesempatan untuk mengeksplorasi benda-benda dengan menggunakan tangan, kaki dan tubuh mereka. 
  • Membantu anak mengembangkan daya imajinasinya. Kesempatan-kesempatan reguler untuk bermain bebas memungkinkan anak-anak menciptakan aktivitas mereka sendiri.
  • Membantu anak-anak menggunakan indera mereka. Anak-anak mengalami sensasi-sensasi yang berbeda dan mendapatkan kesempatan untuk merespons dengan beragam cara terhadap benda-benda yang mereka lihat, dengar, cium, rasa dan sentuh.
  • Membantu mendorong permainan sosial. Anak turut dalam aktivitas-aktivitas dengan anak-anak lain dan belajar keterampilan-keterampilan sosial saat mereka bermain. Mereka belajar bergiliran, berbagi dan saling berinteraksi.
  • Menyediakan kesempatan bagi anak untuk mengekspresikan diri dan emosi mereka. Berbagai benda bisa mendorong perasaan-perasaan yang beragam misalnya bisa 
  • melepaskan ketegangan dengan menekan atau memencetnya.
  • Mendorong anak-anak untuk membuat pilihan-pilihan. Ketika mengeksplorasi dan menyelidiki beragam benda, anak-anak punya kesempatan lebih banyak untuk menunjukkan preferensi dan membuat pilihan-pilihan. 
  • Membatu anak-anak mengembangkan konsentrasi dan keterampilan pemecahan masalah. Anak-anak menjadi terlarut dalam aktivitas-aktivitas mereka. Bahan tanah liat memberi kesempatan kepada anak-anak untuk mengerjakan hal-hal sendiri dan mendapatkan pengalaman dengan aman. Karena cara belajar yang paling baik bagi anak-anak adalah melalui pengalaman-pengalaman praktik langsung.


Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini


    3 komentar:

    1. Menarik dan berminat untuk mengikutsertakan siswa-siswa saya. Bagaimana caranya untuk ikut workshop disana???

      BalasHapus
    2. @Dra. Salmia Mente; terimakasih untuk komentarnya, silakan hub. studio keramik SMKN 14 Bandung di jl. Cijawura Hilir No.341 Bandung, Telp. 022-7560358

      BalasHapus