Selasa, 29 November 2011

RESEP RAHASIA ENGOBE KERAMIK SMK NEGERI 14 BANDUNG

Ada sisi yang menarik dan sempat membuat para peserta dan terutama para pembimbingnya terkagum-kagum pada pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Nasional XIX di Parkir Timur Senayan - Jakarta kemaren...Semua itu karena penampilan karya keramik yang dibawa oleh peserta dari Jawa Barat, Doni Suhanda siswa kelas XII SMK Negeri 14 Bandung. Bentuknya berupa magkuk yang didekorasi mengambil inspirasi dari motif batik parahiyangan/sunda, dengan teknik toreh dan diberi warna engobe (biru, merah, hijau dan coklat) serta dilapisi glasir TSG transparan.




Tampilan keramik dengan dekorasi yang mengejutkan


Semua warna engobe yang diterapkan pada keramik di atas dapat muncul cerah dan merata...engobe merah, biru, hijau, dan coklat tampil kontras dengan warna dasar body keramiknya. SURPRISE.....!!!!

Ha....ha...haaaa.....semua terkejut....saya juga yang membuat semua formula engobe tersebut juga tidak menyangka...KOQ...BISA BAGUS BEGITU...!!!!...(sombong dikit nich...)



Sebenarnya mudah dan sederhana resepnya...

1. Tanah liat................................1 kg
2. Stain/Oksida logam..............20 % dari berat tanah liat
3. Water glass........................0,05 % dari semua bahan yang dipakai
4. Air..........................................1 liter

Semua bahan diaduk/digiling menggunakan Ballmill kurang lebih selama 2 jam atau lebih...kemudian disaring. Yang harus diingat...tanah liat yang digunakan harus sama dengan tanah body keramiknya.

SELAMAT MENCOBA...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar